Jika anda tidak pernah merasakan kegagalan, itu artinya anda belum mengetahui artinya sebuah keberhasilan

25 Jun 2012

Bensin Premium Bakal Habis 19 November 2012

Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkirakan kuota Premium yang telah ditetapkan dalam APBN-P 2012 sebesar 24,37 juta Kilo Liter (KL) akan habis pada 19 November 2012.

Menurut Direktur Pemasaran dan Niaga baru Pertamina, Hanung Budya Yuktyanta, perkiraan tersebut berdasarkan realisasi kuota Premium hingga 31 Mei 2012 yang telah mencapai 11,22 juta KL atau 110,8 persen dari kuota bulan Mei sebesar 10,12 juta KL.

"Melihat profil penyaluran sampai dengan tanggal 31 Mei 2012 dan kebijakan konsumsi BBM PSO mulai Juni 2012, volume kuota untuk produk Premium akan habis pada tanggal 19 November 2012," imbuh Hanung di DPR, Jakarta, Senin (25/6/2012).


Hanung menjelaskan, penyebab meledaknya kuota Premium adalah melonjaknya penjualan mobil yang mencapai 338 ribu unit dari bulan Januri hingga April 2012 serta naiknya harga minyak dunia sehingga menimbulkan disparitas harga antara BBM bersubsidi dan non subsidi.

"Disparitas harga memicu kemungkinan adanya penimbunan BBM oleh pihak-pihak yang tindak bertanggung jawab yang dapat berdampak pada meningkatnya konsumsi BBM secara signifikan," imbuh Hanung.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana mengatakan DPR dan pemerintah secara serius akan memikirkan masalah meledaknya kuota premium bersubsidi yang disalurkan oleh Pertamina. Menurutnya, mobil mewah yang menggunakan BBM bersubsidi masih menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya kuota BBM bersubsidi tersebut.

"Mobil mewah kan masih sebatas himbauan yang dipaksa menggunakan BBM bersubsidi itu mobil dinas pemerintah, BUMN, perkebunan dan pertambangan yang lain kan masih belum," tegasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar hanya untuk artikel ini